Akuntansi Prilaku


RUANG LINGKUP AKUNTANSI KEPERILAKUAN
Akuntansi Keperilakuan (Behavioral Accounting) merupakan bagian dari disipilin akuntansi yang mempelajari tentang hubungan antara perilaku manusia dan sistem akuntansi, serta dimensi sosial dari organisasi dimana manusia dan sistem akuntansi tersebut berada. Jadi, terdapat tiga pilar utama Akuntansi Keperilakuan yaitu: perilaku manusia, akuntansi, dan organisasi. Untuk itulah maka sering dikatakan pula bahwa Akuntansi Keperilakuan merupakan bidang studi yang mempelajari aspek manusia dari akuntansi (human factors of accounting). Dalam perkembangan selanjutnya bahkan diperluas lagi sampai bagaimana akuntasi dan masyarakat saling mempengaruhi, sehingga aspek sosial dari Akuntansi (social aspect of accounting) juga sering dimasukkan sebagai bagian dari Akuntansi Keperilakuan.
Ruang Lingkup
Apa saja yang dipelajari di Akuntansi Keperilakuan? Akuntansi Keperilakuan mempelajari hal-hal sebagai berikut:
  • Reaksi manusia terhadap format dan isi dari pelaporan keuangan.
  • Bagaimana informasi diproses untuk keperluan pengambilan keputusan
  • Pengembangan teknik-teknik pelaporan untuk mengkomunikasikan data kepada penggunanya.
  • Pengembangan strategi untuk memotivasi dan mempengaruhi perilaku, inspirasi, dan tujuan orang-orang yang menjalankan organisasi.
  • Dan hal-hal lain yang mengaitkan akuntansi, manusia, organisasi, dan masyarakat.
Hal-hal yang dipelajari dalam Akuntansi Keperilakuan tersebut apabila diringkas, pada dasarnya meliputi hal-hal sebagai berikut:
  • Pengaruh perilaku manusia didalam perancangan, penyusunan dan penggunaan sistem akuntansi
  • Pengaruh sistem akuntansi pada perilaku manusia
  • Metoda-metoda untuk memprediksi dan strategi-strategi untuk mengubah perilaku manusia.
Perkembangan Akuntansi Keperilakuan
Akuntansi Keperilakuan mulai berkembang sejak Profesor Schuyler Dean Hollet dan Profesor Chris Argyris melakukan suatu penelitian di tahun 1951 tentang “Pengaruh Anggaran pada Orang” (The Impact of Budget on People). Penelitian tersebut disponsori oleh Controllership Foundation of America. Sejak penelitian tersebut, topik-topik penelitian yang mengkaitkan akuntansi dan manusia berkembang pesat.
Antara tahun 1960 sampai tahun 1980an jumlah artikel berkaitan dengan akuntansi keperilakuan yang dipublikasikan di jurnal-jurnal akuntansi berkembang pesat. Jurnal yang terkenal yang memfokuskan pada akuntansi keperilakuan adalah “Accounting, Organization, and Society” yang muncul sejak tahun 1976, dan juga jurnal yang diterbitkan oleh American Accounting Association (AAA) yang bernama “Behavioral Research in Accounting”.
Akuntansi Perilaku      
          Aspek budaya dalam akuntansi disebut  juga behavioral accounting. Berbagai budaya yang dapat mempengaruhi peran atau hasil dari interaksi antara informasi akuntansi dengan prilaku konsumennya atau penyajinya. Dengan perkataan lain, berkaitan dengan hubungan antara perilaku manusia dan sistem akuntansi baik  dalam bidang akuntansi keuangan, auditing maupun akuntansi manajemen. Bahkan ini dianggap sebagai bidang (cabang) akuntansi yang khusus (Siegel, Ramanauskas Marconi, 1989). Bidang akuntansi ini mulai berkembang pada tahun 1950-an. Pada tahun 1991 the Controlllership Foundation of America mensponsori penelitian untuk mengetahui pengaruh budget terhadap manusia. Riset ini dilakukan oleh Cornell University dengan di pimpin  oleh Chris Argyris. Penelitian ini telah memberikan beberapa rekomendasi tentang beberapa perilaku yang muncul dalam penerapan budget .Hasil riset ini muncul di Harvard Business Review yang ditulis oleh Argyris dengan judul Human Problems with Budgets. Sejak itu maka banyak ahli menjadi pemerhati dan menjadi penelit akuntansi perilaku ini seperti Mayo, Maslow, Mc Gregor, Likert. Output informasi itu menyangkut manusia baik yang menyajikannya maupun yang mneggunakannya. Maka diakui bahwa data akuntansi itu dapat mempengaruhi perilaku manusia yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak mungkin dapat di pisahkan dari data informasi akuntansi itu sendiri dengan pemakai atau penyajinya. Era Globalisasi menimbulkan borderless country sehingga tidak ada lagi hal-hal yang membatasi suatu negara engan negara lain dalam melakukan kegiatan bisnis maupun dalam hal pertukaran kebudayaansi maupun. Output akuntansi pun tidak beredar disuatu negara dengan budaya yang sama, tetapi meluas smpai ke beberapa negara dengan budaya yang bebeda.
          Dalam akuntansi perilaku ini menjadi sorotan adalah dampak dari informasi akuntansi terhadap perilaku orang yang membaca atau menyiapkannya. Juga melihat bagaimana reaksi manusia terhadap informasi akuntansi yang diberikan. Dampak perilaku dari sistem pengawasan, dampak sistem budget terhadap perilaku, dampaksistem responsibility accounting terhadap perilaku, dampak sistem disentralisasi ataupun sentralisasi. Pengambilan keputusan terhadap perilaku, dimensi perilaku dalam sistem pengawasan internal, beberapa pola perilaku auditor, aspek perilaku dalam pengmbilan keputusan, faktor perilaku dalam capital budgeting, aspek perilaku dalam kebutuhan pengungkapan, aspek perilaku dalam akuntansi dalam sumber daya manusia dan sebagainya. Menurut Siegel, Ramanauskbas, dan Marconi (1998) ada tiga bagian:
a.     Pengaruh perilaku manusia  terhadap desain, konstruksi, dan penggunaan sistem akuntansi. Akuntansi perilaku membahas sikap dan filosofi manajemen yang dpat mempengaruhi sifat pengawasan akuntansi dan fungsi organisasi.Misalnya apakah manajemen yang bersifat risk averse. Pengawasan yang ketat dan yang longgar dapt mempengaruhi desain sistem pengawasan.
b.    Pengaruh sistem akuntansi terhadap perilaku manusia. Bagaman sistem akuntansi mempengaruhi motivasi, produktivitas, pengambiln keputusan, kepuasan kerja, dan kerja sama. Misalnya bagaiman bujet yang dapat menciptakan produktivitas atau motivasi, bujet yang ketat atau longgar.
c.      Metode meramalkan dan strategi untuk mengbah perilku manusia. Bagaiman sistem akuntansi dapat digunakan untuk mempengaruhi perilaku manusia misalnya memperketat atau memperlonggar sistem pengawasan, memberikn pola kompensasi yang dapat mempengaruhi perilaku misalnya dengan ESOP (Employee Stock Ownership Program), sistem pelaporan prestasi, sistem pemberian reward and penalties terhadap prestasi.
           Penelitian Hofstede yang dapat membedakan suatu budaya dengan budaya lain. Yaitu sebaga berikut:
a.     Individualism/Collectivism, ada budaya yang tinggi perasaan individualsmenya ada yang justru kebersamaan yang tinggi.
b.       Power Distance, ada bangsa yang egaliter yang tidak memiliki kelas sama sekali, namun ada bangsa yang memiliki jarak antara satu individu dengan individu lainya.
c.        Uncertainty Avoidance, ada bangsa yang sangat menghindari     ketidakpastian dan masyarakat yang selalu bersikap tidak menghindari ketidakpastian justru menantangnya.
d.       Maculinity/Feminity, ada masyarakat yang menggap gender memiliki peran dalam kehidupan sehari-hari. Ada masyarakat yang didomonasi sifat-sifat maskulin ada yang didominasi sifat feminin.
           Perbedaan ini diperhatikan sebagai determinan yang mungkin mempengaruhi output maupun input akuntansi.
Mempelajari, memahami determinan yang merupakan perbedaan antara suatu budaya dengan budaya lain saat ini merupakan bagian dari riset akunatsi.
Dalam bisnis global tentu cross culture ini tidak dapat dihindarkan. Perusahaan yang ingin memasuki pasar bangsa atau negara lain mau tidak mau harus mengikuti kultur bangsa itu kalau dia ingin memberhasilkan perusahaannya di negara itu.
Perusahaan Ford pernah gagal hanyankarna memproduksikan jenis mobil sedan dengan nama “NOVA” disuatu negara di Afrika. Ternyata mobil ini tidak laku sama sekali. Setelah di selidiki penyebabnya, ternyata istilah NOVA menurut bahasa setempat artinya tidak jalan. Oleh karena itu, mobil Ford NOVA identik dengan mobil mogok yang tidak bisa jalan. Akhirnya karena mereka mengabaikan aspek croos culture, perusahaan mengalami kerugian yang sangat besar.
Dalam kaitanya dengan bisnis dan juga akunatansi maka pengetahuan dan daerah adalah penting untuk keberhasilan ilmu akuntansi secara umum baik dalam  menyajikan informasi kepada masyarakat maupun dalam bidang lain-lain.
Beberapa topik yang menjadi penelitian bidang adalah sebagai berikut:
a.       Bagaiman sikap manajemen disuatu negra tertentu jika   diterapkan sistem budget (accounting) connstraint secara ketat dalam penilaian prestasi.
b.       Bagiman sikap auditee sewaktu dilakukan pemeriksaan?
c.        Bagaiman bentuk dan kecukupan disloser disuatu negara dengan budaya tertentu?
d.      Apa sikap pembaca laporan keuangan disuatu budaya jika  disajikan laporan keuangan tetentu.
Akuntansi bukanlah sesuatu yang statis, tetapi akan selalu berkembang sesuai dengan pekembangan lingkungan akuntansi serta kebutuhan organisasi akan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya (Khomsiah dalam Arfan & Ishak, 2005). Berdasarkan pemikiran tersebut, manusia dan faktor sosial secara jelas didesain dalam aspek-aspek operasional utama dari seluruh sistem akuntansi. Dan para akuntan belum pernah mengoperasikan akuntansi pada sesuatu yang fakum. Para akuntan secara berkelanjutan membuat beberapa asumsi mengenai bagaimana mereka membuat orang termotivasi, bagaimana mereka menginterpretasikan dan menggunakan informasi akuntansi, dan bagaimana sistem akuntansi mereka sesuai dengan kenyataan manusiadan mempengaruhi organisasi.Penjelasan di atas menunjukan adanya aspek keperilakuan pada akuntansi, baik dari pihak pelaksana (penyusun informasi) maupundari pihak pemakai informasi akuntansi. Pihak pelaksana (penyusun informasiakuntansi) adalah seseorang atau kumpulan orang yang mengoperasikan sistem informasi akuntansi dari awal sampai terwujudnya laporan keuangan. Pengertian ini menjelaskan bahwa pelaksana memainkan peranan penting dalam menopang kegiatan organisasi. Dikatakan penting sebab hasil kerjanya dapat memberikan manfaat bagikemajuan organisasi dalam bentuk peningkatan kinerja melalui motivasi kerja dalamwujud penetapan standar-standar kerja. Standar-standar kerja tersebut dapatdihasilkan dari sistem akuntansi.Dapat diperkirakan apa yang akan terjadi ketikapelaksana sistem informasi akuntansi tidak memahami dan memiliki kerja yangdiharapkan. Bukan saja laporan yang dihasilkan tidak handal dalam pengambilankeputusan, tetapi juga sangat berpotensi untuk menjadi bias dalam memberikanevaluasi kinerja unit maupun individu dalam organisasi. Untuk itu motivasi danperilaku dari pelaksana menjadi aspek penting dari suatu sistem informasiakuntansi.Di sisi lain, pihak pemakai laporan keuangan dapat dibagi menjadi duakelompok, yaitu: pihak intern (manajemen) dan pihak ekstern (pemerintah,investor/calon investor, kreditur/calon kreditur, dan lain sebagainya). Bagi pihak intern, informasi akuntansi akan digunakan untuk motivasi dan penilaian kinerja.Sedangkan bagi pihak ekstern, akan digunakan untuk penilaian kinerja sekaligus sebagai dasar dalam pengambilan keputusan bisnis. Di samping itu pihak ekstern,juga perlu mendiskusikan berbagai hal terkait dengan informasi yang disediakansebab mereka mempunyai suatu rangkaian perilaku yang dapat mempengaruhi tindakan pengambilan keputusan bisnisnya. Sehubungan dengan hal tersebut, beberapa riset akuntansi mulai mencoba menghubungkan dan menganggap penting untuk memasukkanaspek keperilakuan dalam akuntansi. Sejak meningkatnya orang yang sudah memberikan pengakuan terhadap beberapa aspek perilaku dari akuntansi, terdapat suatu kecenderungan untuk memandang secara lebih luas terhadap bagian akuntansi yang lebih subtansial. Perspektif perilaku menurut pandagan ini telah dipenuhi dengan baik sehingga membuat sistem akuntansi yang lebih dapat dicerna dan lebih bisaditerima oleh para manajer/pimpinan dan karyawannya. Pelayanan akuntansi mungkin juga telah sampai pada puncak permasalahan yang rumit dan gagasan akuntansi dapatmuncul dari beberapa nilai yang ada. Tetapi, pertimbangan perilaku dan sosialtidak berarti mengubah dari tugas akuntansi secara radikal. Namun mulai mengembangkan perspektif dalam mendekati beberapa pengertian yang mendalammengenai pemahaman atas perilaku manusia pada organisasi.
Persyaratan Pelaporan Yang Mempengaruhi Perilaku Akuntansi Pertanggung jawaban?Perkembangan organisasi bisnis saat ini penuh dengan persyaratkan untuk melaporkaninformasi kepada pihak lain tentang siapa atau apa, bagaimana menjalankan organisasi, dan untuk siapa harus bertanggungjawab. Hal ini pada umumnya disebut sebagai ”persyaratan” pelaporan, meskipun beberapa diantaranya mungkin tidak dapatdipaksakan. Intisari dari proses akuntansi adalah komunikasi atasinformasi yang memiliki implikasi keuangan atau manajemen. Karena pengumpulan ataupelaporan informasi mengkonsumsi sumber daya, biasanya hal tersebut tidak dilakukan secara suka rela kecuali pembuat pelaporan kemungkinan besar akan mempengaruhi perilaku pembuat ketika informasi yang dilaporkan merupakan deskripsi mengenai perilaku pembuat itu sendiri, atau untuk mana informasi yakin bahwa hal ini akan mempengaruhi penerima untuk berperilaku sebagaimana yang diinginkan oleh pelapor/pembuat. Persyaratan pelaporan dapat mempengaruhi perilaku dalam beberapacara, diantaranya adalah: Antisipasi penggunaan informasi. Persyaratan pembuat tersebut akan bertanggung jawab. Semakin informasi yang dilaporkan mencerminkan sesuatu yangdapat dikendalikan oleh pembuat, maka akan semakin besar kemungkinan bahwa perilku  pembuat akan dimodifikasi. Pembuat dapat merasa cukup pasti bahwa perubahan dalam perilaku akan mengarah pada perubahan yang diinginkan dalam informasi yang dilaporkan. Prediksi pengirim mengenai penggunaan informasi. Kadang kala penerima menyatakan secara jelas bagaimana mereka menginginkan pembuat laporan berperilaku, meskipun sulit untuk dicapai secara simultan seperti: laba jangka pendek yang tinggi, pertumbuhan jangka panjang, atau citra publik yang baik. Apabila pembuat laporan bertanggung jawab kepada penerima maka ia akan berperilaku dalam cara-cara yang menyenangkan mengenai apa yang harus dilaporkan, mengenai tindakan dan hasil yang manakah yang penting bagi penerima. Namun ketika orang tidak merasa pastimengenai bagaimana informasi tersebut akan digunakan, maka pembuat laporan memiliki pekerjaan sulit untuk memprediksi kapan dan bagaimana informasi tersebutakan digunakan. Kemungkinan besar akan mendasarkan pada prediksi sesuai dalam situasi yang serupa dalam pengalamannya atau bagaimana mereka akan menggunkannya jika berada pada penerima informasi tersebut. Insentif/sanksi. Kekuatan dan sifat dari penerima terhadap pembut laporan adalah penentu yang penting dalam mengubah perilakunya. Semakin besar potensi yang ada untuk memberikan penghargaan atau sanksi semakin hati-hati pembuat laporan akan bertindak dan memastikan bahwa informasi yang dilaporkan dapat diterima. Misalnya saja, mahasiswa kemungkinan besar akan mengerjakan tugasnya ketika tugas tersebut dikumpulkan dan diberi nilai dibandingka jika tidak, meskipun manfaat pembelajaran  dalam kedua kasus tersebut adalah sama.Penentuan waktu. Waktu adalah faktor penting dalam menentukan apakah persyaratan pelaporan akan menyebabkan perubahan dalam perilaku pembuat laporan atau tidak.Supaya persyaratan pelaporan dapat menyebabkan perubahan perilakunya, ia harus mengetahui persyaratan tersebut sebelum ia bertindak. Sehingga jika persyaratan pelaporan yang sebelumya dikenakan setelah perilaku yang dilaporkan, maka akandapat diketahui pada pembuatan laporan berikutnya. Pengarahan perhatian. Suatu persyaratan pelaporan dapat menyebabkan pembuat mengubah perilakunya. Hal itu kemungkinan informasi memiliki suatu cara untukmengarahkan perhatian pada bidang-bidang yang berkaitan dengannya, yang dapat mengarah pada perubahan perilaku.
Dampak Persyaratan Pelaporan Akuntansi Pertanggungjawaban?  Persyaratan pelaporan dapat mempengaruhi perilaku disemua bidang akuntansi:keuangan, perpajakan, akuntansi manajerial dan akuntansi sosial. Secara terperinci dampak tersebut dapat dijelaskan di bawah ini. Akuntansi keuangan. Terdapat beberapa prinsip akuntansi yag diterapkan setelah diperdebatkan terlebih dahulu mengenai dampak mengenai yang ditimbulkannya.Beberapa hal yang kontraversial dari pernyataan standar akuntansi tersebut merupakan contoh mengenai bagaimana prinsip akuntansi mempengaruhi perilaku.
Contoh-contoh tersebut meliputi: ”Bagaimana perlakuan atas kerugian akibat melemahnya mata uang rupiah terhadap dolar?” dan ”bagaimana perlakuan atas kelebihan nilai pembayaran kontrak utang dalam mata uang asing?”. Setelah mengalami proses perdebatan dari berbagai kelompok (pemerintah, praktisi bisnis,akademisi) melahirkan ISAK (Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan) No. 4 yang menginterpretasikan PSAK (Peryataan Standar Akuntansi Keuangan) No. 10 mengenaitransaksi dalam mata uang asing. Dalam interpretasi tersebut dinyatakan bahwa  kerugian yang ditimbulkan oleh tigkat inflasi yang luar biasa (di atas 133%) dan melibatkan transaksi operasi dalam mata uang dolar dapat dikapitalisasi oleh organisasi/perusahaan. Prinsip akuntansi yang kontraversial lainnya termasuk perlakuan atas biaya penelitian dan pengembangan, serta persyaratan pelaporan akuntansi atas inflasi yang mengharuskan dibuatnya penyesuaian dalam laporan keuangan. Demikian pula halnya dengan akuntansi untuk minyak dan gas bumi. Akuntansi perpajakan. Umumnya persyaratan pelaporan akuntansi perpajakan dipandang rumit dan sulit bagi banyak pembayar pajak. Beberapa persyaratan telah dikenakan tidak hanya kepada pembayar pajak, tetapi juga pada pihak lain seperti karyawan dengan maksud untuk membuat hukum pajak lebih dipatuhi. Suatu keharusan catatan yang rinci atas pengurangan beban bisnis merupakan contoh yang paling baru dan kontraversial mengenai dampak perilaku dari persyaratan pelaporan pajak. Yang dalam faktanya, catatan rinci tersebut tidak perlu dilaporkan tetapi pembayar pajak dan penyusun pajak diharuskan untuk melaporkan bahwa catatan itu disimpan dan tersedia untuk diperiksa. Akuntansi manajerial. Manajemen dapat memberlakukan persyaratan pelaporan internal apapun yang diinginkannya kepada bawahan. Pos-pos yang dilaporkan dapat bersifat keuangan, operasional, sosial atau suatu kombinasi. Tetapi hanya terdapat sedikit data akuntansi manajemen yang tersedia bagi publik karena data tersebut jarang dilaporkan diluar organisasi. Disamping itu sangat sulit untuk digeneralisasi karena setiap organsasi memiliki sistem akuntansi manajemen yang berbeda-beda. Akuntansi sosial. Masih terdapat relatif sedikit mengenai dampak dari akuntansi sosial bagi publik karena akuntansi sosial adalah bidang perhatian yang masih relatif baru. Salah satu bidang pembahasan dari akuntansi sosial adalah delima penyusunan laporan, polusi dan keamanan produk.
Contoh Kasus Pelanggaran Etika Profesi Akuntansi
1. Manipulasi Laporan Keuangan PT KAI
Transparansi serta kejujuran dalam pengelolaan lembaga yang merupakan salah satu derivasi amanah reformasi ternyata belum sepenuhnya dilaksanakan oleh salah satu badan usaha milik negara, yakni PT Kereta Api Indonesia. Dalam laporan kinerja keuangan tahunan yang diterbitkannya pada tahun 2005, ia mengumumkan bahwa keuntungan sebesar Rp. 6,90 milyar telah diraihnya. Padahal, apabila dicermati, sebenarnya ia harus dinyatakan menderita kerugian sebesar Rp. 63 milyar.
Kerugian ini terjadi karena PT Kereta Api Indonesia telah tiga tahun tidak dapat menagih pajak pihak ketiga. Tetapi, dalam laporan keuangan itu, pajak pihak ketiga dinyatakan sebagai pendapatan. Padahal, berdasarkan standar akuntansi keuangan, ia tidak dapat dikelompokkan dalam bentuk pendapatan atau asset. Dengan demikian, kekeliruan dalam pencatatan transaksi atau perubahan keuangan telah terjadi di sini.
Di lain pihak, PT Kereta Api Indonesia memandang bahwa kekeliruan pencatatan tersebut hanya terjadi karena perbedaan persepsi mengenai pencatatan piutang yang tidak tertagih. Terdapat pihak yang menilai bahwa piutang pada pihak ketiga yang tidak tertagih itu bukan pendapatan. Sehingga, sebagai konsekuensinya PT Kereta Api Indonesia seharusnya mengakui menderita kerugian sebesar Rp. 63 milyar. Sebaliknya, ada pula pihak lain yang berpendapat bahwa piutang yang tidak tertagih tetap dapat dimasukkan sebagai pendapatan PT Kereta Api Indonesia sehingga keuntungan sebesar Rp. 6,90 milyar dapat diraih pada tahun tersebut. Diduga, manipulasi laporan keuangan PT Kereta Api Indonesia telah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, akumulasi permasalahan terjadi disini.
Komentar : PT Kereta Api Indonesia tidak boleh mengabaikan dimensi organisasional penyusunan laporan keuangan dan proses audit. Setiap bagian lembaga yang ada di dalamnya hendaknya diberi pemahaman masalah esensial akuntansi dan keuangan yang ada agar tidak terjadi kesalahan dalam menangani akuntansi serta keuangan secara khusus. Upaya ini penting untuk dilakukan guna membangun kesepahaman (understanding) diantara seluruh unsur lembaga. Selanjutnya, soliditas kelembagaan diharapkan tercipta sehingga mempermudah penerapan sistem pengendalian manajemen di dalamnya.
2. Kasus KAP Anderson dan Enron
Kasus KAP Anderson dan Enron terungkap saat Enron mendaftarkan kebangkrutannya ke pengadilan pada tanggal 2 Desember 2001. Saat itu terungkap, terdapat hutang perusahaan yang tidak dilaporkan, yang menyebabkan nilai investasi dan laba yang ditahan berkurang dalam jumlah yang sama. Sebelum kebangkrutan Enron terungkap, KAP Anderson mempertahankan Enron sebagai klien perusahaan dengan memanipulasi laporan keuangan dan penghancuran dokumen atas kebangkrutan Enron, dimana sebelumnya Enron menyatakan bahwa periode pelaporan keuangan yang bersangkutan tersebut, perusahaan mendapatkan laba bersih sebesar $ 393, padahal pada periode tersebut perusahaan mengalami kerugian sebesar $ 644 juta yang disebabkan oleh transaksi yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang didirikan oleh Enron.
Komentar : Kecurangan yang dilakukan oleh Arthur Andersen telah banyak melanggar prinsip etika profesi akuntan diantaranya yaitu melanggar prinsip integritas dan perilaku profesional. KAP Arthur Andersen tidak dapat memelihara dan meningkatkan kepercayaan publik sebagai KAP yang masuk kategoti The Big Five dan tidak berperilaku profesional serta konsisten dengan reputasi profesi dalam mengaudit laporan keuangan dengan melakukan penyamaran data. Selain itu Arthur Andesen juga melanggar prinsip standar teknis karena tidak melaksanakan jasa profesionalnya sesuai dengan standar teknis dan standar profesional yang relevan.
3. Kasus Mulyana W Kusuma.
Kasus ini terjadi sekitar tahun 2004. Mulyana W Kusuma sebagai seorang anggota KPU diduga menyuap anggota BPK yang saat itu akan melakukan audit keuangan berkaitan dengan pengadaan logistic pemilu. Logistic untuk pemilu yang dimaksud yaitu kotak suara, surat suara, amplop suara, tinta, dan teknologi informasi. Setelah dilakukan pemeriksaan, badan dan BPK meminta dilakukan penyempurnaan laporan. Setelah dilakukan penyempurnaan laporan, BPK sepakat bahwa laporan tersebut lebih baik daripada sebelumnya, kecuali untuk teknologi informasi. Untuk itu, maka disepakati bahwa laporan akan diperiksa kembali satu bulan setelahnya. Setelah lewat satu bulan, ternyata laporan tersebut belum selesai dan disepakati pemberian waktu tambahan. Di saat inilah terdengar kabar penangkapan Mulyana W Kusuma. Mulyana ditangkap karena dituduh hendak melakukan penyuapan kepada anggota tim auditor BPK, yakni Salman Khairiansyah. Dalam penangkapan tersebut, tim intelijen KPK bekerja sama dengan auditor BPK. Menurut versi Khairiansyah ia bekerja sama dengan KPK memerangkap upaya penyuapan oleh saudara Mulyana dengan menggunakan alat perekam gambar pada dua kali pertemuan mereka.
Penangkapan ini menimbulkan pro dan kontra. Salah satu pihak berpendapat auditor yang bersangkutan, yakni Salman telah berjasa mengungkap kasus ini, sedangkan pihak lain berpendapat bahwa Salman tidak seharusnya melakukan perbuatan tersebut karena hal tersebut telah melanggar kode etik akuntan.
Komentar : Hal yang dilakukan oleh Khairiansyah tidak dibenarkan karena melanggar kode etik akuntan. Seorang auditor telah melanggar prinsip objektivitas karena telah memihak kepada salah satu pihak dengan berpendapat adanya kecurangan. Lalu auditor juga melanggar prinsip kompetensi dan kehati-hatian profesional karena auditor tidak mampu mempertahankan pengetahuan dan keterampilan profesional dalam melakukan audit keuangan terkait dengan pengadaan logistic pemilu.


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas dapat diperoleh beberapa kesimpulan bahwa akuntansi dibangun dengan menggunakan konsep, prinsip dan pendekatan dari disiplin ilmu lain untuk meningkatkan kegunaannya. Sehingga akuntansi tidak dapat dilepaskan dari aspek perilaku manusia serta kebutuhan organisasi akan informasi akuntansi. Disamping itu kesempurnaan teknis dari jasa akuntansi bukan hanya sekedar teknik yang didasarkan pada efektivitas dari segala prosedur akuntansi, melainkan bergantung pada bagaimana prilaku orang-orang didalam organisasi, baik sebagai pelaksana (penyusun informasi) maupun sebagai pemakai informasi. Persyaratan pelaporan akuntansi akan mempengaruhi perilaku dari berbagai fakor, baik karena adanya antisipasi penggunaan informasi, prediksi penggunaan informasi, insentif/sanksi, penentuan waktu maupun pengarahan perhatian dari pihak yang akan menggunakan informasi tersebut (penerima). Dampak keperilakuan dalam akuntansi terjadi pada berbagai bidang yaitu pada: akuntansi keuangan, akuntansi perpajakan, akuntansi manajerial dan akuntansi sosial. Salah satu bidang pembahasan dari akuntansi sosial adalah delima penyusunan laporan, polusi dan keamanan produk.. Demi menyempurnakan teknis dari jasa akuntansi hendaknya dilakukan penellitain dan pengembangan lebih lanjut tentang teori,konsep,dampak serta aplikasi akuntansi keprilakuan sehingga sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
DAFTAR PUSTAKA
R.W.Ackerman,1973. “How Companies Respond to Social Demands, “Harvard Business Review (Juli-Agustus).
D.F. Hawkins, 1969. “Behavioral Implications of Generally Accepted Accounting Principles”, California Management Review, 12, No. 2 (Musim Dingin): hal 12-21.
V.F.Ridgway, 1956. “Disfunctional Consequences of Perfomance Measurements”, Administrative Science Quartery 1, No.2 (September): hal. 240-47.
Siegel, Gary, dan Marcony H.R, 1989. “Behavioral Accounting, South-Western Publishing co, Cincinnatim Ohio.
          Harahaf, sofyan safri.
http://qionkslife.blogspot.com/2011/09/tugas-makalah-mata-kuliah-akuntansi.html
















0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...